0

Ilmu dalam Islam

Selasa, 10 Juli 2012
Share this Article on :
1. Tiada ilmu yang baik dan benar jika ilmu tersebut bertentangan dengan ajaran Islam dan aqidah Islam.
2. Jika anda ingin meraih manfaat dan berkah ilmu yang anda pelajari, lakukanlah hal-hal sebagai berikut :
• Hormati, muliakan dan taatilah aturan-aturan Guru yang memberikan ilmu tersebut sejauh tidak bertentangan dengan Ajaran Islam.
• Hargai ilmu tersebut dengan cara menghormati dan memuliakannya.
• Amalkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan jadikanlah ia bagian dari kehidupan.
• Yakini ilmu tersebut dengan seyakin-yakinnya.
3. Kejarlah serta utamakanlah ilmu yang dapat menghantarkan kepada keselamatan di dunia dan akhirat.
4. Hiasilah diri anda dengan akhlak-akhlak ataupun perbuatan-perbuatan yang terpuji (akhlaqulkarimah), karena salah satu ciri orang yang berilmu ialah bersikaf tawadhu’ dan berakhlaqulkarimah.
5. Jadilah anda orang yang berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara, karena Rasulullah SAW bersabda : Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi yang lainnya.
6. Berusahalah selalu untuk memperbaiki diri dengan meningkatkan kualitas iman dan taqwa karena dengan itulah anda akan dipandang mulia di sisi Allah SWT.
7. Berusahalah selalu untuk meningkatkan dan memperbaiki ibadah-ibadah, dzikir, ilmu pengetahuan baik yang menyangkut masalah keduniaan lebih-lebih yang menyangkut masalah akhirat.
8. Jangan melakukan perbuatan - perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama dan perbuatan - perbuatan yang merusak aqidah Islam.
9. Luruskan niat dalam segala hal dan apa yang dibuat semata-mata mencari keridhoan Allah (Ilaahii Anta Maqshuudhii Wa Ridhooka Mathluubii).
10. Rajin-rajinlah berlatih secara tekun (sungguh-sungguh), istiqomah dan penuh keyakinan.
Semoga Allah selalu membimbing anda ke jalan yang lurus dan selalu menaungi dengan rahmat-Nya sampai akhir hayat. Dan semoga Allah menggolongkan anda dalam barisan orang-orang yang selamat di dunia dan akhirat. Amin yaa rabbal ‘alamin. <seh.nam>


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar