0

Pernafasan Dasar Meditasi

Senin, 19 November 2012
Share this Article on :


1. Duduk dalam posisi meditasi dan pejamkan mata. Biarkan kepala, leher, punggung, dan tubuh rileks. Bernapas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung dan hembuskan lebih perlahan serta halus melalui mulut.

2. Konsentrasikan semua perhatian, semua kesadaran dan semua energi pada pernapasan anda. Hirup dan hembuskan, ikuti napas anda dari ujung hidung anda, masuk melalui hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan sampai masuk ke paru-paru. Rasakan paru-paru anda terisi dan mengembang karena napas kehidupan. Akrapilah napas anda, ikuti aliran napas masuk dan napas keluar.

3. Tak ada lagi yang perlu anda lakukan. Lepaskan segala harapan dan biarkan fikiran anda berlalu seperti awan. Bilamana anda mulai terganggu fokuskan kembali napas anda dan perhatikan setiap napas.

4. Bernapas dalam-dalam, perlahan dan rileks. Terus lakukan dengan khusyuk dan lebih khusyuk lagi sampai anda mencapai keheningan. Istirahat beberapa waktu dan meleburlah dalam keheningan. Lalu amati diri anda dan sadari yang anda rasakan saat menyempurnakan meditasi anda. Bernapas dengan sadar, menenangkan syaraf, menenangkan fikiran dan biarkan diri anda menikmati keheningan.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar